Kebanyakan kita memahami bahwa keuangan akrual diwajibkan sejak 2015. Tapi sebenarnya, jauh sebelum itu pemerntah telah menyinggung masalah kewajiban laporan keuangan ini. Lalu kapankah mulainya Keuangan Akrual Diwajibkan?

Sebagaimana kita ketahui bersama, pemerintah melalui Permendagri No 64 th 2013 telah menegaskann kewajiban Menyusun Laporan Keuangan Berbasis Akrual.

Namun itu bukanlah awal dari “era keuangan akrual”. Jauh sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan UU No 17 tahun 2003 yang dalam pasal 3 ayat 1 menyinggung masalah Kewajiban Penerapan Laporan Akutansi Berbasis Akrual ini.

Untuk diketahui, UU No 17 tahun 2003 berisi tentang Keuangan Negara. Sedangkan Permendagri No 64 th 2013 berisi tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual.

Jadi sebenarnya sejak tahun anggaran 2008 pemerintah sudah mewajibkan penerapan akuntansi berbasis akrual. Dan itu berlaku untuk setiap instansi pemerintahan, baik pemerintah pusat maupun pemerintahan daerah.

Keharusan itu ini ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dalam Pasal 36 ayat (1) yang berbunyi sebagai berikut:

”Ketentuan mengenai pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja berbasis akrual sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 13, 14, 15, dan 16 undang-undang ini dilaksanakan selambat-lambatnya dalam 5 (lima) tahun.”

“Selama pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja berbasis akrual belum dilaksanakan, digunakan pengakuan dan pengukuran berbasis kas.”

Namun karena kendala teknis, kewajiban tersebut tidak serta-merta dapat diikuti oleh seluruh instansi pemerintah daerah.

Guna menegaskan kembali kewajiban tersebut, maka melalui pasal 10 ayat (2) Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah.

Harus Diterapkan Mulai Tahun Anggaran 2015

Setelah itu pemerintah kembali menegaskan agar pemerintah daerah harus telah mengimplementasikan akuntansi berbasis akrual paling lambat mulai tahun anggaran 2015.

Permendagri tersebut membawa konsekuensi bahwa saat ini pemerintah daerah wajib bisa menyusun laporan keuangan berbasis akrual.

Pertanyaannya kemudian, Apakah Anda Sudah Dapat Menyusun Laporan Keuangan Berbasis Akrual Dengan Benar?

Jika Belum, bergabunglah dengan kami untuk mempelajarinya…..

 

Sekilas Tentang Kami

Gagas Consultant merupakan lembaga yang berdiri dibawah payung hukum PT GAGAS JOGJA INOVASI. Segmentasi kami 75% pemerintahan (baik pusat, daerah, dan desa) 25% swasta.

Dengan mengedepankan prinsip kemitraan, saat ini kami telah menggandeng beberapa Praktisi dan Akademisi yang mumpuni dibidangnya untuk mencapai tujuan bersama dengan memberikan yang berkualitas, terbaik, dengan pelayanan prima bagi setiap klien.

Memiliki kantor di Kota Pelajar “Yogyakarta”, hingga saat ini Gagas Consultant telah menjalin kemitraan dengan para Akademisi dari beberapa universitas terkemuka seperti UGM, UIN, UNY, UII, STIE YKPN serta tidak menutup kemungkinan menjalin kemitraan dari para Praktisi & Akademisi lain.

 

LAYANAN

Bidang Training

1. Pengembangan SDM (Baik untuk Pimpinan dan Karyawan instansi swasta ataupun aparatur Pemerintah Pusat dan Daerah / SKPD / BLUD serta Desa).
2. Pendidikan & Bimbingan Teknis (Baik untuk Pimpinan dan Karyawan instansi swasta ataupun aparatur Pemerintah Pusat dan Daerah / SKPD / BLUD serta Desa).
3. In House Training
4. TOT
5. Workshop

Bidang Riset

1. Pemetaan Sumber Daya Alam
2. Pemetaan Sosial (Sosial dan Budaya)

Bidang Event Organizer

1. Gathering (Company / Family)
2. Outbound & Outing
3. Exhibition
4. Launcihing Produk / Program
5. Seminar dan Talk Show

Visi – Misi

Visi Gagas Consultant

Menjadi perusahaan yang terpercaya dan terandal dalam bidang jasa pengembangan Sumber Daya Manusia dan Event Organizer.

Misi Gagas Consultant

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dengan pelayanan prima.
2. Menjadikan Gagas Consultant sebagai driver untuk pengembangan Sumber Daya Manusia dan Event Organizer.
3. Menumbuhkan serta meningkatkan kepercayaan klien melalui integritas dan profesionalisme.

Nilai Inti Perusahaan

Fokus, artinya dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan senantiasa mengutamakan tujuan bersama & totalitas.

Integritas, artinya dalam mencapai tujuan senantiasa mengutamakan kejujuran, transparasi, komitmen dan konsistensi.

Youthful, artinya setiap insan yang berkiprah di Gagas Consultant selalu memiliki semangat muda.

Accountable, artinya Gagas Consultant berupaya menyelenggarakan berbagai kegiatan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Hubungi Kami Di :

Nama                 : Gagas Consultant
Badan Usaha : PT. Gagas Jogja Inovasi
Alamat              : Jl. Pringmayang No 324 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta
Hot Line            : 081238866971
e-mail                 : gagasconsultant@gmail.com

facebook twitter